0


Pada dasarnya, sepeda motor listrik adalah kendaraan berbentuk sepeda motor yang tidak menggunakan bahan bakar minyak.

Sebagai gantinya, sepeda motor ini menggunakan listrik yang berada di dalam baterai dan digerakkan dengan dinamo.

Meski tidak sama dengan kendaran mainstream lainnya, kendaraan yang futuristik ini tetap bisa melaju sampai kecepatan 60 km per jam. Bahkan di masa mendatang kecepatan ini akan terus bertambah.

Selain itu, kendaraan ini juga memiliki perlengkapan sebagaimana motor pada umunya, yakni rem cakram, lampu sein, lampu penerangan baik jarak jauh maupun jarak dekat, dan tentunya rem cakram dan klakson.

Akan tetapi, berbicara tentang sepeda motor listrik tentu tidak bisa dilepaskan dari satu bagian yang menjadi pembeda dari motor yang kita kenal luas saat ini.

Perbedaan itu ada pada baterai sebagai sumber tenaga. Baterai ini juga biasa disebut akumulator.



Baterai ini bahkan disebut bisa bertahan sampai 10 tahun dengan pengisian ulang kapan saja, tanpa harus menunggu habis terlebih dahulu.

Pada era sekarang, setidaknya dikenal 6 jenis baterai, yaitu lead acid, lithium, lithium ion, lithium ion fosfat, lithium phosphate, dan yang terakhir adalah nickel metal hybride.

Namun disamping semua itu, nama-nama produsen besar seperti Yamaha dan Honda tengah mengembangkan akumulator berbahan dasar hidrogen yang dinilai akan lebih bertenaga dan aman.

Motor listrik yang juga disebut dengan nama kendaraan hibrida ini masih akan terus dikembangkan oleh para ahli di bidang otomotif.

Hal ini juga untuk mensiasati bagaimana agar durasi pengisian baterai menjadi lebih singkat.

Namun meski demikian, sepeda motor listrik telah menjadi salah satu simbol modernitas. Motor ini juga menjadi solusi akan semakin menipisnya bahan bakar minyak di dunia.

Hampir mirip dengan itu, ia juga menjadi alternatif dari pencegahan global warming yang semakin parah saat ini. Ini adalah dampak dari motor listrik yang tidak membuang gas emisi berlebihan sebagaimana motor berbahan bakar minyak.

Keberadaannya tentu sangat dinantikan dan diramalkan akan dapat mengganti kendaraan yang sudah ada saat ini.

Dikirim pada 12 Maret 2018 di Teknologi
Awal « 1 » Akhir


connect with ABATASA