0
Dikirim pada 21 November 2016 di Travel

Memang tak ada habisnya ketika berbicara seputar indonesian culture. Masyarakat dunia mengenal Indonesia sebagai sebuah negara yang kaya akan budaya. Semuanya menjadi kebanggaan tersendiri dan layak diperkenalkan keseluruh dunia. Faktanya, Indonesia memiliki banyak suku dan daerah. Setiap daerah memiliki budaya mereka masing-masing. Artinya terdapat ratusan bahkan ribuan budaya berbeda tersebar di seluruh nusantara.


 



 


Salah satu contoh budaya paling menonjol di Indonesia adalah batik. Ini merupakan teknik unik untuk memberi motif pada kain. Bahkan UNESCO menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya dunia. Pada setiap tanggal 2 bulan ke sepuluh, hari batik diperingati seluruh masyarakat nusantara. Pada luang lingkup sosial dan pekerjaan, mereka mengenakan batik pada setiap hari Jumat. Ini merupakan cara mereka untuk memberi apresiasi pada kesenian batik.


 


Selain batik, salah satu indonesian culture yang terkenal adalah wayang. Seni pagelaran wayang terkenal baik secara nasional maupun internasional. Wayang berasal dari pulau Jawa dan kini menyebar keseluruh pelosok nusantara. Dulu masyarakat memanfaatkan pagelaran wayang untuk menyebarkan nilai-nilai luhur dan agama. Kini, dunia mengenalnya sebagai hiburan klasik yang amat unik seperti yang dijelaskan di INDONESIA.TRAVEL PHILLIPINES.


 


Masih Banyak Daya Tarik Lainnya


 


Jika berkunjung ke Ponorogo, terdapat salah satu kebudayaan lokal bernama Reog. Tradisi tersebut sudah kental bagi masyarakat sekitar. Ini meruapakan tarian tradisonal yang menceritakan kisah penyelamatan seorang gadis. Reog sendiri memiliki arti sebagai sosok bermuka harimau namun memiliki bulu burung merak yang indah.


 


Dari segi kebudayaan musik, Indonesia memiliki alat musik tradisional bernama angklung. Kombinasi permainan angklung menimbulkan irama yang indah. Angklung berasal dari Jawa Barat dan kini menarik minat para turis asing. Permainan angklung juga dimanfaatkan untuk ajang bersosialiasi dengan para pemain angklung lain.


 


Bagaimana dengan kebudayaan atau seni tari? Banyak sekali jenis tari pada indonesian culture. Salah satu yang menarik adalah tari Pendet asal Bali. Beberapa tarian tradisional lain termasuk tari Jaipong, tari Piring, tari Kecak, tari Serimpi, dan masih banyak lagi. Beberapa kebudayaan Indonesia diatas tentu saja hanya contoh dari keseluruhan budaya yang ada. Jika berminat, masih banyak lagi segudang kebudayaan yang ada.


 



Dikirim pada 21 November 2016 di Travel
comments powered by Disqus


connect with ABATASA