0
Dikirim pada 13 Desember 2016 di Pendidikan

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak merupakan sebuah masa yang tidak dapat dielakan karena sudah merupakan sebuah kodrat dari tuhan. namun pada masa pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini peranan orang tua sangatlah penting.


 


Setiap anak pasti akan mengalami masa keemasan, pada masa keemasan ini anak akan sangat sensitif terhadap rangsangan dan pengaruh dari lingkungannya. dimulai dari perkembangan motorik, berfikir dan perkembangan emosi merupakan suatu hal yang akan dialami pada masa ini. selaku orang tua kita berkewajiban untuk selalu mengawasi dan peka pada masa tersebut. pada masa keemasan ini adalah sebagai salah satu penentu tumbuh kembangnya seorang anak.


 


Pada masa keemasan seorang anak, anak akan menirukan bahasa dan prilaku seseorang yang berada di sekelilingnya. sebaiknya orang tua tidak melarang secara langsung bahkan sampai memarahi apabila seorang anak melakukan kesalahan atau mengucapkan bahasa yang tidak pantas diucapkan, karena bagi mereka hal tersebut merupakan sebuah pembelajaran, selaku orang tua untuk menghadapi perkembangan anak usia dini haruslah memberi pengertian yang akan mudah dimengerti oleh mereka dengan bahasa yang sederhana tetapi tidak untuk menakut nakuti, mengancam atau membohongi dalam memberikan pengarahanya. jika orang tua sudah memahami perilaku seorang anak, tidaklah sulit untuk menjalani masa keemasan seorang anak. pada intinya kesabaran dan arahan dari orang tua yang akan membangun faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa keemasan. 



Dikirim pada 13 Desember 2016 di Pendidikan
comments powered by Disqus


connect with ABATASA