0
Dikirim pada 03 Februari 2017 di Kesehatan

Hamil kembar adalah sebuah anugerah yang paling istimewa didalam kehidupan. Betapa tidak, karena jika selama ini anda mendengar kehamilan hanya dengan satu janin, bila hamil kembar sudah dipastikan jika didalam perut terdapat dua janin atau lebih. Bila dibayangkan tentu sangatlah lucu sekali. Hamil kembar bukan berarti tak penuh resiko, jika penanganannya kurang bagus maka bisa saja mengancam jiwa bunda dan janin yang dikandungnya. Berikut ini saya rangkumkan tanda-tanda bila bunda sedang dianugerahi kehamilan kembar.

  1. Morning sickness berlebih.

Setiap kehamilan pasti akan mengalami sebuah gejala seperti morning sickness atau lebih dikenal sebagai mual di pagi hari. Namun berbeda jika bunda sedang mengandung bayi kembar, biasanya bunda akan mengalami morning sickness yang lebih besar.

  1. Ukuran perut lebih besar.

Pada setiap bunda yang sedang mengandung, pasti perut bunda akan terlihat sedikit buncit. Namun bila bunda sedang mengalami hamil kembar, perut bunda akan nampak lebih besar meski kehamilan bunda masih menginjak minggu-minggu pertama/ awal kehamilan.

  1. Intoleransi terhadap makanan atau minuman berlebih.

Umumnya setiap bunda yang saat ini sedang hamil akan merasakan gejala kehamilan paling berat ketika baru saja menginjak trimester pertama dan salah satu gejala yang sering dirasakan ialah intoleransi makanan atau minuman tertentu. Jika hamil bunda kembar, tentu gejala tersebut bisa nampak lebih besar.

  1. Timbul kram rahim yang lebih kuat.

Pada setiap kehamilan tentu setiap bunda akan merasakan kram perut karena rahim tertekan oleh janin. Jika bunda sedang hamil kembar, maka rasa kram perut ini bisa sakitnya lebih kuat dibanding dengan hamil tunggal karena jika hamil kembar rahim dituntut berkembang cepat.

  1. Muncul dua detak jantung.

Bila dilakukan pemeriksaan oleh dokter atau bidan akan diketemukan dua detak jantung yang berbeda. Ini menandakan bila bunda sedang mengandung bayi kembar. Untuk memastikan bila bunda sedang hamil kembar, maka bunda bisa menjalankan serangkaian tes seperti USG.

Meski istimewa, namun perlu bunda ketahui jika kehamilan kembar juga beresiko mengancam kehidupan bunda dan janin didalam kandungan bila tidak dipantau dengan baik. Selalu periksakan kehamilan bunda secara berkala dan jangan lupa buat bunda agar selalu mengkonsumsi susu khusus bumil Lactamil agar kesehatan bunda sekaligus janin yang dikandung lebih terjamin.



Dikirim pada 03 Februari 2017 di Kesehatan
comments powered by Disqus


connect with ABATASA