0
Dikirim pada 21 Oktober 2013 di Uncategories

Minyak untuk Bayi

Minyak telon adalah minyak gosok yang biasa digunakan pada bayi untuk menghangatkan tubuh bayi. Telon berasal dari bahasa jawa “telu” yang berarti tiga. Kenapa artinya tiga ? karena telon adalah minya yang dibuat dari campuran 3 jenis minyak yang berbeda.

 

Minyak yang digunakan untuk pembuatan telon adalah minyak kayu putih (Oleum Cajuputi), Minyak kelapa (Oleum Cocos), dan Minyak adas (Oleum Foeniculi). Campuran dari ketiga jenis minyak ini kadarnya berbeda-beda. Namun, meskipun kadarnya berbeda, campurannya haruslah tepat, karena jika salah dalam pencampurannya bukan khasiat yang didapat, melainkan bahaya. Kadar yang biasa dipakai adalah 3:3:4 atau 2:2:6, tergantung dari produsen yang membuatnya.

Bahan Pembuatan Telon

Minyak adas adalah minyak yang berwarna kuning dan memiliki aroma khas. Minyak adas banyak digunakan karena manfaatnya yang banyak. Manfaat dari minyak adas adalah untuk mencegah perut kembung, menjadikan sistem pencernaan bekerja lebih aktif karena minyak adas bisa merangsang saraf-saraf. Bahan yang kedua adalah minyak kayu putih. Minyak kayu putih berguna untuk menghangatkan tubuh dan mengatasi gatal-gatal. Campurat yang ketiga adalah minyak kelapa. Minyak kelapa yang biasa digunakan untuk perawatan tubuh dan rambut ini berfungsi untuk menghaluskan kulit dan menjaga kelembaban kulit. Minyak kelapa juga digunakan untuk bahan pelarut dalam pembuatan minyak telon, agar minyak adas dan kayu putih bisa bercampur dan menghasilkan campuran yang lembut.

Sumber . . .



Dikirim pada 21 Oktober 2013 di Uncategories
comments powered by Disqus


connect with ABATASA