0
Dikirim pada 19 September 2014 di Uncategories

Selain produk funding dan financing terdapat juga produk bank syariah yang merupakan produk jasa. Ada beberapa jenis produk jasa yang ditawarkan bank syariah kepada para nasabahnya. Yang pertama yaitu hiwalah yang merupakan pengambilan hutang. Hiwalah adalah tentang pengalihan masalah utang piutang yang biaya transaksi pengalihan tersebut akan diganti kemudian oleh bank syariah. Melihat proses yang terjadi umumnya hiwalah yang dilakukan oleh bank syariah akan sedikit membantu supplier untuk mendapat modal tunai untuk mendukung produksi mereka. Selain hiwalah masih banyak jenis produk dari bank syariah yang menawarkan jasa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gadai atau pelimpahan (Rahn)

Sistem gadai ini adalah melimpahkan atau menyerahkan sementara suatu barang kepada pihak bank dan kemudian nasabah akan mendapatkan dana berupa sejumlah uang. Dan karena jasa tersebut pihak bank berhak untuk menerima imbalan.

2. Qardh (pinjaman uang)

Biasanya pinjaman uang ini dibarikan pada nasabah yang membutuhkan dana talangan untuk penyetoran uang haji. Kemudian dana tersebut akan dikembalikan ke bank sebelum nasabah tersebut diberangkatkan ke tanah suci.

Adapun jenis produk jasa lain yang ditawarkan bank syariah kepada nasabah yaitu mengenai perwakilan atau wakalah. Wakalah merupakan pelimpahan pekerjaan dari pihak nasabah kepada pihak bank. Dalam hal ini bank mempunyai hal untuk mendapatkan imbalan. Produk bank syariah yang berikutnya adalah kafalah atau penjaminan dan wadiah atau sering disebut dengan penitipan. 



Dikirim pada 19 September 2014 di Uncategories
comments powered by Disqus


connect with ABATASA